Ikhlas untuk Memaafkan

Posted by Rahmadi Ahmad Rabu, 14 Maret 2012 39 komentar
khlas memaafkan kesalahan  orang lain adalah suatu perbuatan yang tidak mudah, apalagi jika kesalahan yang dibuatnya adalah suatu kesengajaan untuk menyakiti hati kita. Tapi percayalah keikhlasan kita memaafkan orang yang berbuat salah pada kita akan membuat kita lebih tenang dalam menjalani kehidupan ini.
Sembilan tahun yang lalu aku adalah seorang ibu muda yang masih belajar untuk mengendalikan emosi dalam menjalani hidup berumah tangga. Aku dikaruniai seorang putri. Kami tinggal disalah satu kompleks perumahan yang rata2 dihuni oleh pasangan muda yang masing2 juga punya anak yang sebaya.
Mungkin ada saja orang yang selalu merasa lebih kaya, lebih alim, dan lebih pintar dari kita. Aku adalah orang yang bisa dibilang disepelekan oleh salah satu tetangga. Sering tahu2 diam dan nggak mau menyapa tanpa tahu aku salah apa, dan anakku selalu menangis jika bermain dan disitu ada anaknya dia.
Kubesarkan hati untuk selalu menyapanya, memberinya sesuatu untuk menghilangkan kebenciannya meski aku tak pernah tahu apa yang membuatnya marah atau membenciku, berdoa adalah kunci kekuatan hatiku, karena aku tahu Allah itu tidak pernah tidur, Allah maha melihat, juga maha mendengar.
Kadang aku bertanya pada diriku sendiri mungkinkah karena aku termasuk orang yang tidak mampu saat itu, tapi sudahlah kukubur semua prasangka burukku,karena aku nggak mau prasangkaku akan menjadi bumerang padaku dan keluargaku. Aku hanya yakin satu hal bahwa aku masih punya Tuhan yang tidak pernah meninggalkanku yang selalu akan mendengar doa2 setiap hambanya.
Waktu terus berlalu, dan Tuhan pun menjawab doaku. Suatu hari dia datang dan meminta maaf padaku. Meski aku tahu mungkin masih ada perasaan malu untuk mengakui kesalahannya. Aku rasanya berada di ujung langit yang begitu tinggi, karana aku telah menundukkannya dengan dia datang ke rumah dan mengucap kata maaf di depanku.
Semula susah sekali melupakan begitu saja kesalahan2 dan sikap2 nya yang selalu menyepelekanku apalagi terhadap anakku. Meski sampai sekarang aku tak pernah tahu apa yang membuatnya bersikap begitu. Apakah karena dia merasa lebih dan lebih di bandingkan aku, aku tak pernah menanyakannya. Dan bagiku itu tak perlu kutanyakan.
Kutanggapi permintaan maafnya dengan senyuman, meski dalam dadaku berkecamuk perasaan yang tidak karuan, antara ya dan tidak. Karena sembilan tahun bukanlah waktu yang singkat untuk kita bersabar menghadapi kelakuannya padaku dan anakku.
Untuk memunculkan keikhlasan dalam diriku tidaklah mudah. Beberapa malam susah pejamkan mata, susah khusyuk dalam sholat. Kusembunyikan p erasaan gundahku dari pandangan suamiku. Sampai suatu hari kusadari bahwa aku harus benar2 ikhlas memaafkannya, baru kurasakan ketenangan dalam hidup. Kuhilangkan perasaanku yang merasa menang atas permintaan maafnya padaku.
Aku yakin jika kita selalu ikhlas memaafkan kesalahan orang lain, kita akan selalu menemukan kemudahan, paling tidak untuk ketenangan batin kita, agar tidak selalu diselimuti oleh dendam.
Dan satu yang paling penting adalah kekuatan doa dan kesabaran adalah kunci dari keikhalasan untuk memaafkan setiap kesalahan

Follow dulu yo Twitter admin

Setelah baca jangan Lupa Likenya ya..!!


39 komentar:

Kang Farhan mengatakan... Reply To This Comment

memotivasi sekali paparan diatas bang... kita sebagai insan harus selalu ikhlash dalam memaafkan.. Allah aja maha Pemaaf apalagi kita? kita harus malu kalo tidak bisa memaafkan...
sip bang postingannya...setujuuu

Catatan Bazzo mengatakan... Reply To This Comment

sangat perlu keikhlasan dalam hal memaafkan, tapi terkadang itu sangat tidak mudah karena begitu sakit hati/jengkel dll ,tapi kita harus sadar juga kalau diri kita sendiri tak luput dari kesalahan..nice post sob...

KAPAK Comunity mengatakan... Reply To This Comment

memang org kadng2 bisa berbuat sesuatu tapi yg pling slit adlh untuk memaafkan sesama itu sangat sulit sekali

Dhedi | Sinjai mengatakan... Reply To This Comment

Memang memaafkan itu harus berbarengan dengan Keikhlasan..

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@Kang Farhan ya kang.. betul yg akang blg,masak kita manusia ga mau saling memaafkan..

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@Catatan Bazzo mantap... dengan membiasakan diri,pasti akan terasa mudah untuk memaafkan dengan ikhlas sob..

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@KAPAK Comunity memang betul,tp kalau belajar untuk ikhlas,ga akan ada kata sulit bang.. sukses terus ya... :)

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@Dhedi | Sinjai ya sob,apa gunanya memaafkan tapi ga ikhlas di hati..
hehehe

dhlondhenk mengatakan... Reply To This Comment

nice share gan,kunjungan balik dan salam persahabatan..followback #45 sukses.selamat malam

isman mengatakan... Reply To This Comment

Kemaafan adalah dendam terindah...
Nice post Gan!

AdHiE ToKeKx mengatakan... Reply To This Comment

bner sob, klo maafin ga ikhlas malah timbul dosa :D

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@AdHiE ToKeKx hehehe.. iya sob..
makasih ya udah berkunjung..

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@isman makasih gan,udah berkunjung.. :)

dhlondhenk mengatakan... Reply To This Comment

ilmu ikhlas, mudah diucapkan..namun teramat sulit bagi kita untuk benar2 bisa menerapkan dalam kehidupan....nice share kawan...

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@dhlondhenk benar kawan.. dengan belajar dan berusaha pasti akan mudah untuk ikhlas...
makasih atas kunjungannya.. :)

Andi Whay mengatakan... Reply To This Comment

keikhlasan sangat di butuh kan dalam memaaf kan seorang. jangan memaafkan sesorang hanya lewat perkataan aja ,padahal dihati berkata (oh tidak bisa).manusia memang tidak tau tapi ALLAH maha tau.nice post sob.

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@Andi Whay betul bgt tu sob... Allah maha tau..

cindelaras mengatakan... Reply To This Comment

tetap ada hal2 yang tak termaafkan..

Bukan Master mengatakan... Reply To This Comment

kalo maafin Gk ikhlas ya sama aja boong, kalo gk di barengi Keikhlasan rasanya degdegan saya bang ..

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@cindelaras wahh.. seperti apa tuh sob?

Fokus kita mengatakan... Reply To This Comment

@Bukan Master hehehe...
Bener tu bgt sob..

VIDEO SWITCH mengatakan... Reply To This Comment

terkadang kita sangat sulit untuk memaafkan orang yang sudah menyakiti hati kita..
tapi klo kita ikhlas memaafkan sih bisa kali yah..

katarak mata mengatakan... Reply To This Comment

Info menarik dan boleh sekali dicoba, Makasih buat infonya dan sukses

rabun mata mengatakan... Reply To This Comment

Terima kasih untuk tipsnya, saya mau coba semoga juga.

silinder mata mengatakan... Reply To This Comment

Saya cari dibeberapa website dan dapat tipsnya di website ini, terima kasih, mau dicoba oleh saya.

obat glaukoma mengatakan... Reply To This Comment

Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

obat katarak mengatakan... Reply To This Comment

Terima Kasih, Tulisan yang sangat membantu. Salam Sukses!

obat mata minus mengatakan... Reply To This Comment

Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

penyakit pada mata mengatakan... Reply To This Comment

aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

masa subur perempuan mengatakan... Reply To This Comment

Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

alat kb mengatakan... Reply To This Comment

Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

alat kontrasepsi mengatakan... Reply To This Comment

Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

alat kontrasepsi mengatakan... Reply To This Comment

Cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

cara mencegah kehamilan mengatakan... Reply To This Comment

Artikel yang sangat Innovatif dan banyak Tipsnya. jadi ingin coba. semoga berhasil

kalkulator masa subur mengatakan... Reply To This Comment

Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

masa subur mengatakan... Reply To This Comment

Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

ovutest scope mengatakan... Reply To This Comment

Amazing Artikel yang sangat berguna,terutama Tipsnya sangat membangun. boleh dicoba.

masa subur wanita setelah haid mengatakan... Reply To This Comment

Terimakasih Tulisan dan Info yang bermanfaat. wajib dicoba. salam sukses selalu.

menghitung masa subur mengatakan... Reply To This Comment

Tips dan Info menarik, boleh dicoba, Semoga berhasil

Posting Komentar