Tutorial Mudah Install Windows 7 Dari FlashDisk Menggunakan Wintoflash

Posted by Rahmadi Ahmad Selasa, 26 Maret 2013 2 komentar
Banyak pengguna laptop mini seperti netbook yang kebingungan saat ingin menginstall windows nya. Ya, seperti yang kita ketahui, pada netbook 10" tidak terdapat DVD Room. Terus gimana donk cara nginstall os nya? Seperti kata pepatah, banyak jalan menginstall OS menuju Roma. Sebenarnya banyak cara lain, antaranya anda bisa menggunak DVD external. Tentunya untuk mendapatkan DVD external ini anda harus memiliki modal yang lumayan banyak. Nah, untuk cara yang lebih ekonomis lagi, anda bisa menggunakan flashdisk.
Bagi anda yang belum tau caranya, pada artikel kali ini saya akan membahas Cara menginstall windows 7 menggunakan Flashdisk. Yang anda butuhkan flashdisk minimal 4GB, karena file installasi Windows 7 luayan besar, tidak seperti file installasi windows XP yang hanya ratusan MB saja. Cara ini dapat digunakan untuk Windows XP maupun Windows 7, dan cara ini sudah berulangkali saya coba sendiri ke berbagai macam Hardisk baik Komputer, Laptop, ataupun Netbook dan 100% sukses, Operating System windows 7 tersebut berhasil diinstal dengan sempurna, tanpa ada masalah. Atau anda ingin membaca artikel Cara memperbaik windows tanpa install ulang.

Persiapan yang diperlukan hanya 3, yaitu:
  1. Flashdisk minimal 4 Gb untuk Windows 7 dan 2 Gb untuk Windows XP.
  2. File install Windows 7/XP (bisa dari CD/DVD install atau dari File ISO).
  3. Software (Wintoflash) untuk Mentransfer CD installer Windows XP atau DVD installer Windows 7 ke Flashdisk. Download Wintoflash disini.
Langkah-langkah Membuat bootable Windows 7 menggunakan USB Flashdik :

1. Download Software Wintoflash (Gunakan versi terbaru yang ada pada website resmi WintoFlah, disini saya menggunakan versi 0.7.0054, Januari 2013), Pilih Latest Version (Perhatikan Versinya), karena versi sebelumnya berbeda. Hasil dari download di jalankan, kemudian akan download otomatis, dan hasilnya ada di Desktop, kemudian pindahkan (Copy atau Cut) hasil download ke mana saja, misalnya ke My Documents.
Download Wintoflash
Proses download Wintoflash
2. Setelah selesai Download, Kemudian klik kanan Extract menggunakan Winrar dan Jalankan Wintoflash.
Wintoflash
3. Saat Pertama kali dijalankan, Ada konfirmasi Persetujuan, (I Accept) kemudian Next- Next sampai Muncul Tampilan Windows Setup Transfer Wizard.
Menjalankan Wintoflash
4. Windows Setup Transfer Wizard, Pilih Tab Advanced Mode, Kemudian untuk Windows 7 Pilih Transfer Windows Vista/2008/7/8 setup to USB drive, Kemudian klik Create. (Untuk Windows XP Pilih Transfer Windows XP/2003 setup to USB drive).
Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk Menggunakan Wintoflash
Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk Menggunakan Wintoflash
Install Windows 7 Dari Flash Disk Menggunakan Wintoflash
5. Pilih drive Sumber Windows (Biasanya kepingan CD/DVD Windows) dan drive flashdisk yang akan ditransfer.
Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk

Cara Install Windows 7 Memakai Flash Disk
Cara Install Windows 7
6. Klik Run, Dan tunggulah beberapa menit sampai proses transfer selesai, biasanya sekitar 5-15 menit, tergantung kecepatan komputernya. Jika telah selesai di exit saja, dan Flash Disk sudah terinstall Windows dan dapat digunakan.
7. Masukan Flash Disk Ke Laptop/Netbook/Komputer sebelum dinyalakan.
Install Windows 7 Dari Flash Disk
Cara Install Windows 7 Dari Flash Disk
8. Nyalakan Laptop, kemudian masuk ke Setup Menu dengan menekan F2 (Pada beberapa Laptop lain, mungkin dengan menekan Esc, Del, F1 kadang F10).
Persiapan Install Windows
9. Pilih setting Boot Pertama ke Flash Disk (USB), kemudian Exit dan Save, maka Laptop akan segera Restart.
10. Pada Langkah ini Instalasi Windows otomatis akan berjalan seperti biasa sebagaimana instalasi menggunakan DVD installer. Untuk Lebih Lengkapnya Proses Install Windows 7 Klik Disini
11. Jika Instalasi Windows telah selesai, Kemudian akan Restart, dan pada saat itu Cabutlah Flash Disk  untuk menghindari pengulangan Setup Windows, Kemudian Windows akan berjalan dengan sendirinya untuk Instalasi Lanjutan (Finalizing Instalation).
12. Setelah Restart, maka Anda akan menemukan bahwa Proses Instalasi Windows telah Sukses. 
  Semoga artikel ini bermanfaat.

Follow dulu yo Twitter admin

Setelah baca jangan Lupa Likenya ya..!!


2 komentar:

Edyn Laskar mengatakan... Reply To This Comment

mantap nih klo pake aplikasi,, saya cuman pake settingan manual untuk instalasi 7,, saya bookmark dulu deh triknya,, dikembangkan lagi ilmunya sob.. thanks ilmunya

Butik Busana Muslim mengatakan... Reply To This Comment

Nice bro...step by stepnya jelas.

Posting Komentar